Senin, 29 September 2014

Tahap – Tahap Pada Proses Mitosis & Meiosis



a.       Proses Mitosis

Sel yang membelah secara mitosis akan menghasilkan dua sel anak yang masing-masingmemiliki sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan induknya. Pada makhluk hidup bersel banyak mitosis merupakan mekanisme memperbanyak sel/pertumbuhan, sedangkan pada organisme bersel satu mitosis merupakan cara bereproduksi. Pembelahan mitosis berlangsung secara bertahap melalui beberapa fase yaitu profase, metafase, anafase, telofase, dan interfase.


1. Profase

Pada fase ini, sel induk yang akan membelah memperlihatkan gejala terbentuknya dua sentriol dari sentrosom. Masing-masing sentriol memancarkan serabut-serabut berupa filamen. Lalu butiran kromatin memanjang menjadi benang kromatin yang kemudian memendekdan menebal menjadi kromosom. Di akhir profase selubung inti sel pecah dan setiap kromatid melekat di beberapa benang spindeldi kinetokor.

2. Metafase

Membran inti sudah menghilang, kromosom berada di bidang ekuator , dengan sentromernya seolah kromosom berpegangan pada benang gelendong pembelahan. Pada fase ini kromosom tampak paling jelas.

3. Anafase

Selama anafase, kromatid bergerak menuju ke arah kutub-kutub yang berlawanan. Kinetokor yang masih melekat pada benang spindel berfungsi menunjukan jalan, sedangkan lengan kromosom mengikuti di belakangnya.

4. Telofase

Kromatid-kromatid mengumpul pada kutub-kutub. Benang gelendong menghilang, kromatid menjadi kusut dan butiran-butiran kromatid muncul kembali. Selaput inti terbentuk kembali dan nukleolus terlihat lagi. pada bagian bidang ekuator terjadi lekukan yang makin lama makin ke dalam hingga sel induk terbagi menjadi dua.

5. Interfase

Pada fase ini inti sel mempersiapkan diri untuk pembelahan lagi dengan mengumpulkan materi dan energi. Akhirnya pembelahan sel secara mitosis menghasilkan dua sel anak yang masing-masing sel anakan memiliki jumlah dan kromosom yang sama dengan sel induknya. Pada pembelahan ini terjadi pembagian inti ( kariokinesis ) dan pembagian plasma/sitoplasma. (selanjutnya)
Proses pembelahan sel secara mitosis sebagai berikut:
http://nusiati.files.wordpress.com/2008/06/mitosis-22.jpg?w=274&h=154

b.      Proses Meiosis

Pembelahan sel ini berlangsung melalui dua tahap pembelahan tanpa melalui interfase, yang dikenal dengan meiosis I dan meiosis II.
Meiosis I
Fase-fasenya meliputi:
1. Profase
  • Leptonema, benang-benang kromatin menjadi kromosom.
  • Zigonema, kromosom yang sama bentuknya atau kromosom homolog berdekatan atau bergandengan.
  • Pakinema, setiap bagian kromosom homolog menganda, tetapi masih dalam satu ikatan.
  • Diplonema, kromatid dari masing-masing belahan kromosom memendek dan membesar.
  • Diakinesis, sentrosom membentuk dua sentriol yang masing-masing membentuk benang gelendong pembelahan.
2. Metafase
Tetrad berkumpul di bidang ekuator.
3.Anafase
Benang gelendong pembelahan dari masing-masing kutub menarik kromosom homolog sehingga setiap pasangan kromosom homolog berpisah bergerak ke arah kutub berlawanan. Setiap kutub memperoleh campuran acak kromosom dari ibu bapak.
4.Telofase
Kromatid memadat, selubung inti terbentuk, dan nukleolus muncul lagi, kemudian sitokinesis berlangsung.
Proses pembelahan sel pada tahap meiosis I sebagai berikut:
http://nusiati.files.wordpress.com/2008/06/meiosis5.jpg?w=104&h=197
Meiosis II
Fase-fase dalam tahap pembelahan meiosis II meliputi:
1. Profase
Sentrosom membentuk dua sentriol yang letaknya pada kutub yang berlawanan dan dihubungkan oleh benang gelendong.
2. Metafase
Kromosom berada di bidang ekuator, kromatid berkelompok dua-dua. Belum terjadi pembelahan.
3. Anafase
Kromosom melekat pada kinetokor benang gelendong, lalu ditarik oleh benang gelendong ke arah kutub yang berlawanan yang menyebabkan sentromer terbelah.
4. Telofase
Kromatid berkumpul pada kutub pembelahan lalu berubah menjadi kromatin kembali. Bersamaan dengan itu membran inti dan anak inti terbentuk kembali, dan sekat pemisah semakin jelas sehingga akhirnya terjadilah dua sel anakan. (selanjutnya)
Proses pembelahan sel pada tahap meiosis II sebagai berikut:
http://nusiati.files.wordpress.com/2008/06/meiosis-2.jpg?w=216&h=177

4 komentar:

  1. I FOUND A Clash of Clans GAME GEMS GIVEAWAY FOR ALL CLANS! http://maxclashgems.com - Best free source for Clash of Clans gems! Everybody uses this now! (K9ojKVUsuX)

    BalasHapus
  2. "bio-muslimlogy" tapi komennya judi semua

    BalasHapus
  3. Mau dapat uang join grup bayar 35 dapat 600rb/1jt
    No WA 087833991659

    BalasHapus